Jika saat ini Anda hendak sewa laptop, pastikan tanyakan dahulu beberapa hal, baik kepada diri sendiri maupun pada pihak penyedia nantinya. Hal tersebut bertujuan agar peminjaman unit lebih tepat sesuai kebutuhan serta menghemat biaya.
Masalahnya, tidak sedikit orang sembarangan dalam memilih dan hanya berakhir pada kekecewaan seperti biaya pinjam terlalu tinggi. Selain itu, ada pula merasa unit kurang cocok untuk pekerjaan karena spesifikasinya ternyata tidak terlalu baik. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak pembahasan lengkap kali ini guna mengantisipasi hal-hal di atas.
Hal yang Perlu Ditanyakan Sebelum Sewa Laptop
Dengan menanyakan beberapa poin berikut ini, maka Anda akan bisa sewa laptop dengan tepat. Jadi, cobalah luangkan sedikit waktu untuk memikirkan poin tersebut.
1. Kebutuhan penggunaan
Setiap orang pasti memiliki kebutuhan laptop yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada seseorang ingin menyewa untuk melakukan kegiatan berat seperti desain grafis ataupun editing video. Akan tetapi, terkadang juga penyewa hanya akan menggunakannya dalam mengerjakan tugas sekolah, kuliah, maupun administrasi kantor.
Tentu saja kebutuhan tersebut memerlukan spesifikasi berbeda-beda. Apabila ingin melakukan editing, maka pilih spesifikasi unit lebih tinggi, terutama bagian kartu grafis dan prosesornya. Sebaliknya, pilih spesifikasi lebih ringan apabila hanya digunakan mengerjakan tugas saja seperti Microsoft Office karena harganya cenderung terjangkau.
Baca Juga : Keuntungan Sewa Laptop Dibandingkan Membeli Sendiri
2. Besaran anggaran
Setelah menentukan kebutuhan penggunaan, langkah berikutnya perlu dilakukan adalah menentukan anggaran atau budgeting. Langkah ini sangat penting agar nantinya Anda tidak harus mengeluarkan biaya ekstra dan justru memberatkan finansial.
Padahal, tujuan utama dari penyewaan dibanding membeli adalah menekan budget. Nantinya, Anda bisa memilih layanan sewa yang menyediakan konsultasi seperti Tamatek guna mendiskusikan budget dengan perangkat hendak dipinjam.
3. Spesifikasi
Saat berkonsultasi atau pra-pemesanan, Anda akan diberikan beberapa pilihan unit dengan spesifikasi berbeda-beda, mulai dari merek, prosesor, RAM, Hard Disk, kartu grafis, dan lain-lain. Pastikan pilih spesifikasi sesuai kebutuhan karena semakin tinggi kualitasnya tentu biaya sewa juga menjadi lebih besar.
4. Identitas toko
Terakhir dan tidak kalah penting adalah tanyakan serta cari tahu identitas toko atau layanan penyedia laptop. Cara paling mudah mengetahuinya adalah lewat website pribadi mereka. Saat ini website sudah menjadi parameter tersendiri apakah sebuah layanan terpercaya atau tidak. Informasi wajib ada di website antara lain profil, nomor kontak, alamat, dan katalog produk.
Mulai sekarang, silakan periksa dan tanyakan terlebih dahulu poin-poin di atas sebelum memutuskan sewa laptop. Dengan begitu, Anda akan terhindari dari hal-hal tidak diinginkan seperti over budget maupun spesifikasi tidak sesuai.
Untuk berjaga-jaga, Anda juga dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pihak penyedia jasa. Beberapa layanan seperti Tamatek menyediakan layanan konsultasi via WA. Layanan tersebut bisa diakses lewat website resmi www.sewamultimedia.co.id.